Behind the formation of words...

Friday, March 16

KKN UnMas 2012 - Part II

 Halooo mantemaannn.... Karang aku mau lanjutin ceritaku sewaktu KKN kemarin (yang belum baca, silahkan disini ya...) Nah kemarin itu kan aku cerita sampai tiba di ruma si mbah Kadus di sana. Setelah beristirahat, maka mulailah kita dengan berbagai kegiatan yang seharusnya kita lakukan. Kita mulai sehari setelahnya. 

Hari pertama kita mengadakan yang namanya observasi desa. Observasi itu dilakukan oleh masing-masing kelompok di masing-masing dusun (kalau Bali-nya disebut dengan Banjar). Nah, bersama-sama dengan teman-teman, aku mulai mengadakan observasi.
Pertama ke sekolah di dusun tersebut. Kita semua ke sekolah itu dengan berjalan kaki, ya di Desa kan jalannya sepi, trus suasananya enak, lagian tempatnya deket toch... :D Sampai di sekolahnya, trus ketemu guru-guru disana, dan baru tahu kalau disana muridnya cuma 40an orang (ga hafal tepatnya berapa, lupa :p), dimana yang paling aku inget itu anak kelas 5 SD nya cuma 2 orang, cewek-cewek pula. Kita liat-liat juga masing-masing kelasnya seperti apa dan akhirnya kita menyimpulkan apa-apa saja yang mesti dilakukan di sekolah tersebut. 

Selain di sekolah, observasi juga dilakukan di Balai Banjar, di wilayah sekitar itu dan lain-lainnya. Dari observasi itu kita akhirnya jadi tahu dech program kerja apa aja yang akan dilakukan selama sebulan itu di desa. Dari bersih-bersih desa, menyumbang tong sampah dan kotak P3K buatan sendiri, menyumbang poster untuk SD, perbaikan administrasi desa, memberikan pelajaran tambahan bagi anak SD, mengadakan lomba cerdas cermat, penyuluhan hukum dan remaja, penyuluhan IRT tentang pembuatan kripik Sawo dan lain-lainnya.

Di Desa Bengkel Sari ini sebenernya desa termuda di kecamatan Selemadeg Barat, yang memiliki beberapa hasil kebun unggulan seperti manggis, duku, cokelat (buahnya lo yaa....), sawo serta kelapa. Sawah di desa ini juga masih luas, bisa dilihat dari peta desa dimana hampir 1/2 nya merupakan sawah aktif dan kebun buah. Waahhhhhh kebayang dah kalau musim panen, buahnya bergelantungan di pohon... Pernah ni kemarin nyoba buah manggisnya, enaknyooooooo... Maniiisss.... :D :D

Kita juga ketemu penduduk asli disana. Sebagian besar penduduknya ramah, tapi mungkin mereka agak canggung. Pas kita pada senyum kalau papasan, mereka bales si, tapi kayak ga yakin, itu senyum ke dia atau bukan. Jadi yaa,,,, agak garing dech senyum kita. :p Pernah si kejadian, aku bareng Ugik, nyari pertigaan buat muter mobil soal tu jalan sempit, ada anak kecil dateng disuruh ibunya buat ngijinin kita muter mobil di halaman rumahnya. Hehehe... Makasi ibu... ^_^

Cek foto-foto kegiatan kita disana yaa... :D :D
Jalan di Desa

Cek Cek Cek

Pembuatan Kotak P3K (Cwe juga bisa! :p)

Pelatihan Cerdas Cermat SDN 3 Antosari

Gotong Royong
Pelajaran tambahan TIK
Mengajar mengajar mengajar...

Bersantai di Warung
Anak SD 3 Antosari
Pembuatan Tong Sampah

Bersama-sama

Warga Bengkel Sari
KK Miskin
Posyandu
Pelatihan Cerdas Cermat
Perpisan di Desa

Perpisan di Desa
Sembahyang Bersama di Bengkel Sari


Ga terasa sudah sebulan di Desa Bengkel Sari. Seneng sama temen-teman baru, seneng sama suasana baru yang belum pernah dirasakan. Ahhh... Gotta Miss u all... :)

Big Thanks for: Ugic, Rupana, Suprad, Juni, Bli Yande, Peri, Mitha, Chika, Desy, Inten, Bobik, Yudik, dan Triana

Tireman Crew with Si Mbah
(Ki-ka: Juni, Mita, Peri, Bobik, Si Mbah, Inten, Yudik, Bli Yande, Rupana, Suprad)




2 comments:

Wardi Astina said...

Nice experience,,
UNMAS emang mancapppp
:)

Ayu Wahyuni said...

Ho oh... Nice moments, nice friends :)

Post a Comment